Rabu, 03 September 2014

Cara Mempercepat Kinerja Android Yang Lemot

(Zaid-Share)- Anda pasti sangat mencintai smartphone Android yang baru Anda beli karena sangat lancar untuk digunakan. Namun seiring dengan berjalannya waktu, smartphone Anda semakin terasa berat dan mengalami lag ketika membuka banyak aplikasi secara sekaligus. Namun Anda tidak perlu khawatir karena smartphone Anda bukan satu-satunya yang mengalami hal tersebut. Ya, hampir semua smartphone Android akan mengalami keadaan seperti itu. Oleh karena itu, berikut saya akan memberikan Anda tiga cara mempercepat kinerja Android yang sangat mudah.




Membersihkan App Cache
Setiap aplikasi selalu menulis data yang mereka dapatkan di app cache. Setiap hari, app cache tersebut terus bertambah sehingga akan semakin memperlambat kinerja sistem Android. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan setiap cache aplikasi dengan cara masuk ke menu settings > application.


Namun yang menjadi masalah adalah jika aplikasi yang terinstal di smartphone Anda sangatlah banyak sehingga akan membutuhkan waktu yang lama untuk membersihkannya. Untungnya terdapat sebuah aplikasi bernama app cache cleaner di Play Store yang dapat membersihkan semua cache terebut secara otomatis. Dengan begitu, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk membersihkannya satu-persatu.


Disable atau Uninstall Aplikasi Yang Tidak digunakan
Cara selanjutnya yang dapat lakukan adalah dengan men-disable atau uninstall berbagai aplikasi yang tidak digunakan. Pasalnya, aplikasi-aplikasi itu bisa saja berjalan di background sehingga akan membebani kinerja sistem. Jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus, maka Anda dapat men-disable-nya agar tidak bisa dijalankan. Namun jika Anda tetap ingin menghapusnya, maka tentu saja Anda harus melakukan rooting terlebih dahulu di smartphone Anda.

Hapus Widget dan Shortcut dari Homescreen
Widget dan shortcut yang ada di homescreen smartphone Anda mungkin akan membuat tampilannya menjadi semakin menarik. Namun sayangnya, berbagai widget dan shortcut tersebut justru akan membuat kinerja smartphone Anda menjadi lambat. Oleh karena itu, lebih baik Anda menaruh widget dan shortcut yang diperlukan saja dan menghapus yang tidak diperlukan.


Ditulis Oleh : Zaid Abdillah // Rabu, September 03, 2014
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers


web stats
Diberdayakan oleh Blogger.
Created By Zaid Abdillah