Rabu, 18 November 2015

Tips Memilih PC Gaming

(Zaid-Share)- Perkembangan tekhnologi komputer dan Internet telah mengubah pola hidup dan pola komunikasi masyarakat. Salah satu efeknya adalah maraknya game online. “Gamer” tidak hanya berasal dari kalangan remaja atau pelajar, tetapi juga banyak dari kalangan umum. Perkembangan game online yang cukup pesat ini didukung oleh hardware dan software gaming yang semakin mumpuni. Para gamer tentu sudah sangat hafal bagaimana spesifikasi komputer gaming atau laptop gaming, termasuk juga software-software gaming terbaru.
Tips Memilih Komputer Gaming Komputer gaming harganya lebih mahal dibandingkan dengan komputer atau laptop biasa. Namun untuk sebuah kesenangan atau hobby, harga tidak menjadi masalah. Komputer gaming harus mempunyai spesifikasi lebih tinggi karena sangat mengutamakan kecepatan proses dan kemulusan gambar.  Kecepatan dan kemulusan (speed and smoothness) sebuah komputer dipengaruhi oleh 3 komponen utama yaitu :
  • Kecepatan Processor
  • Graphic Card (VGA)
  • Kecepatan dan Jenis Memory/RAM
Processor Untuk Game: AMD vs Intel
Pada dasarnya anda mau pilih AMD atau Intel itu tergantung selera dan budget yang anda miliki. Saya sendiri lebih memilih AMD karena memang AMD lebih condong mengoptimasi untuk aplikasi-aplikasi game serta harganya yang relatif lebih murah. Sementara Intel memiliki gengsi dengan harganya yang mahal namun sepengetahuan saya lebih dioptimasi untuk penggunaan aplikasi grafis dan office.

Graphic Card (VGA) Untuk Game: ATI vs Nvidia 
Pilih mana ATI atau Nvidia ?
ATI baiknya berpasangan dengan AMD.
Nvidia baiknya berpasangan dengan Intel, atau motherboard AMD dengan chipset Nforce.
Minimal dengan bus 128bit

RAM (Memori) 
Pilih saja sesuai selera anda, yang pasti jenis DDR3 lebih baik dan cepat dibanding DDR2, dan yang penting adalah kapasitas dan kecepatannya. Untuk gamer, minimal 2 GB.

Motherboard 
  • Mobo juga tergantung selera, namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, diantaranya:
    Pilih yang sudah 100% menggunakan solid capasitor biar lebih kuat.
  • Pilih chipset keluaran terbaru.
  • Untuk komputer game sebaiknya pilih mobo yang ukurannya sedang atau besar dengan slot memory 4, mobo yang kecil biasanya dioptimasi untuk komputer office.
Harddisk 
Sesuaikan dengan kebutuhan anda! Untuk komputer game kapasitas minimal ambil yang 250 GB atau lebih besar karena aplikasi game biasanya memiliki kapasitas data yang besar. Cache memory lebih besar berarti lebih baik namun harus dibayar dengan harga mahal

Monitor
  • Tergantung selera anda. Beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  • LED lebih baik dan lebih hemat daya dibandingkan dengan LCD apalagi CRT.
  • Ukuran 19 inch paling populer, apabila ada dana lebih mungkin bisa memilih yang 22 inch.
  • Resolusi lebih besar lebih halus, sesuaikan dengan kemampuan kartu grafis.
  • Pilih yang kotak atau widescreen? Tergantung selera, kotak lebih enak untuk desain grafis, widescreen lebih cocok untuk anda yang sukan nonton film.
OS: Sistem Operasi Windows XP vs Win 7
Windows XP hanya mendukung Dirext X 9 sementara Win 7 sudah mendukung Dirext X 11. Untuk para gamer tinggalkan Windows XP, karena apabila graphic card anda sudah men-support Direct X 11 tapi anda masih pake Win XP maka fitur-fitur Dirext X 11 pada games yang sudah men-support Dirext X 11 tidak akan muncul.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers


web stats
Diberdayakan oleh Blogger.
Created By Zaid Abdillah