Rabu, 24 Juni 2015

Kenapa Google Chrome Menghabiskan Banyak RAM...?

(Zaid-Share)- Apakah kamu sadar bahwa Google Chrome kesayangan yang selama ini kamu gunakan rupanya menghabiskan RAM yang cukup besar hanya untuk satu browser saja? Nah melalui artikel ini, kami akan menjelaskan nih, kenapa browser dengan engine Chromium tersebut membutuhkan RAM yang banyak. Apakah itu pertanda bagus atau buruk? Dan apakah dapat diminimalisasi? Cekidot penjelasan berikut ya:

Chrome Membagi Masing-Masing Tabnya ke Proses yang Berbeda
Mungkin beberapa dari kita tahu bahwa Chrome membagi setiap tab, extension, dan app-nya kepada proses-proses tersendiri. Salah satu contohnya adalah ketika kamu membuka website berat yang menampilkan Flash, ketika browser kamu gagal dalam membuka website tersebut, maka hanya tab tersebut yang akan error dan tidak akan menjalar ke tab yang lain. Pembagian tersendiri inilah yang mengakibatkan penggunaan RAM tinggi karena masing-masing tab menduplikasi tugas yang sama.

 Comodo Browser juga menggunakan engine Chromium
Selain itu, fitur prerendering yang dimiliki Chrome juga bisa menjadi penyebabnya. Prerendering dapat membuat aktivitas RAM kamu tinggi karena Chrome akan load halaman web bahkan sebelum halaman tersebut kamu buka. Jangan lupakan pula ada berapa extension yang kamu install di Chrome. Masing-masing extension juga membutuhkan proses yang terpisah, dan tentu saja penggunaan RAM semakin bertambah lagi kan.

Penggunaan RAM yang Besar Bukan Berarti Buruk
Melihat RAM yang sesak memang tidak menyenangkan ya. Tapi RAM penuh tersebut bukan berarti tidak ada arti lho. Dengan terisinya RAM, berarti kamu bisa mengakses aplikasi atau proses yang rutin untuk dibuka dengan cepat, karena sudah tersimpan di dalam RAM. Nah apabila kamu tidak membutuhkan aplikasi itu lagi, RAM akan mengalokasikan tempat di RAM yang sebelumnya telah terisi oleh aplikasi tersebut bagi aplikasi berikutnya yang ingin kamu buka.
Jadi apabila Chrome mengambil tempat cukup banyak di RAM, bukan berarti nggak ada artinya. Ini berarti Chrome memang sedang mengerjakan tugasnya dengan baik, demi memberikan penggunanya pengalaman berselancar yang cepat dan aman. Bayangkan jika extension yang kamu gunakan error dan ternyata semua proses disatukan di tempat yang sama. Ini membuat seluruh bagian dari browser kamu akan crash. Itulah yang tidak diinginkan oleh Chrome.

Apakah ada solusi untuk memperkecil Penggunaan RAM dari Chrome?
Ada hal yang paling jelas dari pertanyaan ini, jika kamu menginginkan RAM yang lebih lega dari Chrome, maka jangan buka banyak tab yang tidak perlu, atau jangan biarkan kamu menginstal banyak extension. Apabila kamu sudah melakukan itu dan RAM masih tetap sesak, maka itulah tanda bahwa kamu memang perlu untuk meng-upgrade-nya.


Ditulis Oleh : Zaid Abdillah // Rabu, Juni 24, 2015
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers


web stats
Diberdayakan oleh Blogger.
Created By Zaid Abdillah